Banyak Orang Pengen Jadi Youtuber Pemrograman yang Berduit

Kisah sukses Programmer Zaman Now menjadi utas paling populer di forum Pembangun ini.

Kisah sukses bisnis swakarya yang lain tidak setinggi ini antusiasmenya. Jadi ini artinya apa?

Banyak orang pengen jadi Youtuber pemrograman Indonesia. Atau orang di belakang Programmer Zaman Now itu populer banget sampai kisah tentang dia menjadi cerita populer.

Ada hikmah yang bisa diambil. Jadi Youtuber, mesti populer. Alasannya jelas: Youtuber harus mengejar jumlah pelanggan dan jumlah terlihat kan? Orang di belakang Programmer Zaman Now itu sudah sering menjadi pembicara sebelum bikin saluran video Youtube. Dia juga memegang posisi tinggi di Blibli. Dia sudah lumayan populer sebelum menjadi Youtuber.

Selain itu, bisa jadi banyak pengunjung forum ini berhasrat menjadi Youtuber yang menghasilkan uang cukup banyak.

Hal ini perlu kita dukung. Nanti aku baca-baca apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi Youtuber sukses. Aku bakal riset tentang perangkat keras apa yang dibutuhkan oleh Youtuber. Bagaimana dengan perangkat lunaknya? Mereka pakai peranti lunak apa untuk menggubah video? Adobe Premiere Pro? iMovie? DaVinci Resolve?

Perlukah membuat animasi yang keren dan lucu? Jadi Youtuber perlu belajar Adobe After Effects?

Lalu untuk merekam kegiatan di desktop? Pakai apa? Screencastify?

Terus bagaimana membangun komunitas dari saluran video itu? Biasanya mereka pakai aplikasi Discord sih.

Jadi PR saya banyak nih. Nanti saya juga mau bikin saluran video Youtube. Tapi bukan tentang pemrograman. Lebih ke arah finansial.

Bagaimana dengan Anda? Tertarik menjadi Youtuber pemrograman yang menghasilkan uang seperti Programmer Zaman Now? Tetap kunjungi forum Pembangun ini secara rutin.

2 Likes

Saya waktu masih kuliah sempat jadi ‘Youtuber’ di genre video game dan review barang elektronik. Bersama tiga kawan lainnya, kami cuma melakukannya untuk senang-senang aja.

Tapi, selama 2 tahun lebih tidak membuka email dan akun Youtubenya, ternyata banyak tawaran kerjasama dan endorse dari brand-brand yang sekarang sudah lumayan gede.

Agak menyesal sih, dulu tidak konsisten dan menekuninya saja. Tapi, skema Youtube Indonesia dulu agak berbeda dengan sekarang dan kami tidak yakin kalau Youtube adalah sebuah karir yang menjanjikan.

1 Likes

Penyesalan selalu datang terlambat. :joy:

Jadi masih mau meniti karir sebagai Youtuber? Kayaknya peluang masih terbuka lebar, setidaknya untuk pangsa ulasan permainan video (video game).

Sepertinya sih tidak. Masing-masing dari kami udah nyaman dengan pekerjaan saat ini dan enggak mau sampai waktu bersenang-senang saat main game ‘ternodai’ karena harus bikin konten. :sweat_smile: