Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Banyak yang tanya cara memulai bisnis online (daring) atau bisnis digital atau startup (perintis) dari nol sebagai pemula.

:thinking: Nomor satu: Pilih ide bisnis online yang cocok bagi indie hacker.

Anda bisa cek di kategori “Ide Bisnis Online” di Pembangun. Saya akan menulis konten secara rutin di kategori itu.

Tentu saja, lebih baik pilih ide yang sesuai dengan renjana (passion) Anda dan kemampuan Anda. Kalau Anda suka travel, mungkin pilih ide Travel Blogger. Kalau Anda jago bahasa Inggris (nilai IELTS 9 untuk semua kategori), mungkin Anda bagusnya bikin kursus bahasa Inggris online.

:person_fencing: Nomor dua: Pastikan Anda punya kemampuan yang cukup untuk mengeksekusi ide bisnis online Anda (atau punya pasangan pendiri yang melengkapi Anda).

Mau bikin SaaS? Yah pastikan Anda punya kemampuan pemrograman atau punya pasangan pendiri (co-founder) yang bisa pemrograman. Kalau Anda tidak punya kemampuan pemrograman dan sendirian, bukan kiamat. Anda bisa belajar pemrograman.

Mau nulis konten dan dapat duit yang banyak? Pastikan Anda jago menulis dan punya pemahaman dalam tentang topik yang Anda tulis, misalnya The Bear Cave. Penulisnya bisa menulis dan punya pemahaman dalam tentang finansial, khususnya topik shorting.

Tidak punya kemampuan pemasaran (marketing)? Anda bisa belajar pemasaran atau Anda cari pasangan pendiri yang memiliki kemampuan pemasaran seperti Fathom.

Anda bisa membangun bisnis online sendiri. Tapi Anda juga bisa melakukannya dengan teman Anda yang menjadi pasangan pendiri (co-founder). Anda juga bisa membangun bisnis online dengan pacar Anda. :couple_with_heart_woman_man:

:moneybag: Nomor tiga: Pastikan punya modal (baca: duit).

Anda tidak perlu banyak duit untuk membangun bisnis online. Tapi tetap saja perlu duit. Misalnya Anda ingin membangun aplikasi iOS/Mac seperti Philip Young yang membangun Session, itu kan artinya Anda butuh komputer Mac yang harganya bisa belasan juta Rupiah sampai puluhan juta Rupiah.

Walaupun begitu, modal Anda juga bisa cuma kemampuan menulis saja seperti Lim How Wei yang meraih ratusan juta Rupiah per bulan dengan kemampuan menulis dan SEO-nya.

Yang paling menentukan itu adalah biaya hidup Anda. Selama Anda membangun bisnis online, siapa/apa yang membayar biaya hidup Anda (dan keluarga Anda). Biaya tenaga kerja (labor) Anda bisa dihitung gratis, tapi Anda tetap perlu makan dan tempat tinggal.

Nah, pastikan Anda punya tabungan untuk membangun bisnis online Anda, seperti Jon Yongfook.

Kalau tidak punya tabungan, Anda bisa bangun bisnis online tapi harus langsung dapat profit seperti AMB Crypto.

Anda bisa cari pekerjaan paruh waktu sambil membangun bisnis online Anda. Carinya di situs buatan saya ya, ParttimeCareers.

Pekerjaan penuh waktu juga bukan alasan untuk tidak membangun bisnis online. Pemilik bisnis Programmer Zaman Now masih bekerja di Blibli. Pembuat Typing Hero masih bekerja di Vidio.

:loudspeaker: Nomor empat: pastikan pemasaran Anda solid.

Jon Yongfook sampai membagi waktunya: satu minggu koding, satu minggunya lagi pemasaran. Pemasaran adalah topik yang luas. Anda bisa mulai dari twit Lenny tentang pertumbuhan.

Lim How Wei belajar SEO sehingga situs dia dapat banyak kunjungan dan penghasilan ratusan juta Rupiah.

:muscle: Nomor lima: Bekerja keras dan rajin.

Saatnya bekerja keras. Entah Anda menulis konten di newsletter atau koding Kotlin untuk bikin aplikasi Android atau bikin aplikasi web dengan Ruby on Rails atau bikin twit lucu di Twitter untuk menarik pengguna.

Berapa lama yang diperlukan untuk membangun bisnis swakarya itu tergantung hoki, konsistensi, keadaan pasar, dan jenis bisnis online.

Ada yang butuh kurang dari setahun seperti Session. Ada yang butuh bertahun-tahun seperti EduSynch.

:woman_cartwheeling: Nomor enam: Jadi fleksibel supaya bisa pivot jika dibutuhkan.

Mungkin tidak ada permintaan terhadap bisnis online Anda, jadi Anda harus pivot ke ide yang lain. Atau waktunya kurang tepat. Atau pasarnya sudah berdarah-darah. Atau terjadi kejadian luar biasa, seperti pandemi di mana banyak orang beradaptasi dan membangun bisnis online yang sukses.

:speaking_head: Nomor tujuh: Belajar penjualan (sales).

Sales are the lifeblood of every business. Ingat Anda tidak punya duit dari VC untuk dibakar. Jadi Anda harus (dengan cepat) mencari duit dari pelanggan. Belajar penjualan dari utas ini.

(Nanti akan saya tambahkan konten lain; sementara ini dulu biar kalian bisa memulai bisnis online dengan cepat.)

3 Likes