Plausible Analytics Mendapat Penghasilan Bulanan (MRR) Sebesar $41 Ribu (Rp 574 Juta)

Uku Täht dan Marko Saric membangun Plausible Analytics yang sudah menghasilkan penghasilan bulanan (MRR) sebesar $37 ribu (Rp 518 juta):

Jumlah pelanggan mereka 4450 dan mereka tidak menggunakan iklan berbayar.

Kisahnya dimulai dari tahun 2019 di mana Uku Täht membangun alat analisa kunjungan ke situs yang nilai utamanya adalah privasi dan keringanan. Iya, Plausible Analytics berkompetisi dengan raksasa, yaitu Google Analytics.

Produk mereka open source. Jadi Anda bisa mengaudit kode mereka dan memasang di situs Anda sendiri. Mereka memasang harga yang tergantung terhadap jumlah kunjungan:

Kalau Anda penasaran, Plausible dibangun dengan Elixir dan Phoenix, TailwindCSS, dan PostgreSQL:

Tapi Uku Täht adalah seorang pemrogram yang lebih suka menghabiskan waktu untuk mengembangkan produk ketimbang memasarkan produk. Tapi produk itu biasanya baru bisa sukses kalau aspek pemasarannya terurus. Lalu dia mencari pasangan pendiri (co-founder) yaitu Marko Saric untuk mengurusi pemasaran. Dia “bertemu” dengan Marko Saric dari Twitter di mana Marko membuat twit tentang alternatif produk Google:

Marko membawa beberapa perubahan ke dalam Plausible, termasuk mengubah landing page-nya. Terus dia bergerilya di komunitas yang berkaitan dengan produk analisa kunjungan situs, misalnya HackerNews, IndieHacker, Reddit. Produk mereka jadi makin “terkenal”.

Wawancara mereka di Starter Story terjadi pada tahun 2020 tapi banyak hikmah yang bisa diambil:

Sekarang mereka sudah mempekerjakan satu karyawan paruh-waktu:

Dua pendiri ini (sepertinya) tinggal di negara yang berbeda. Marko tinggal di Inggris:

Uku Täht tinggal di Estonia:

Selection_036

Mereka berbeda negara, bertemu di Twitter, disatukan oleh idealisme privasi (lepas dari jangkauan Google), membangun produk SaaS yang berkompetisi dengan raksasa Google Analytics. :clap:

Mereka sudah mendapatkan penghasilan $41 ribu (Rp 574 juta) per bulan atau penghasilan tahunan sebesar $500 ribu (Rp 7 milyar):

Traffic mereka naik drastis karena ada satu artikel blog yang super populer, yaitu “Why you should stop using Google Analytics on your website”.

Bikin bisnis bootstrap berarti tidak memiliki obsesi terhadap investor. Tapi Anda kehilangan lampu sorot dari media startup :joy::

Selection_003

Mereka berusaha mencapai banyak hal dengan keterbatasan mereka. Proyek open source dan transparansi soal traffic dan penghasilan bagi mereka adalah kelebihan, bukan kekurangan.

Mereka mendapatkan pengunjung dan pelanggan pertama dari Indie Hackers.

Mereka juga berbagi daftar artikel blog yang paling populer. Nomor dua akan membuat Anda tercengang! :rofl:

Mereka tidak berniat mengubah pendekatan mereka dalam mencapai tahap berikutnya, yaitu penghasilan tahunan (ARR) $1 juta (Rp 14 milyar).

Hoo, dulu pernah denger jg Fathom, dia fokus jg ke privasi user

1 Likes

Fathom sudah pernah diulas di Pembangun. Ia bisnis bootstrap yang inspiratif juga.