Ruby on Rails di Indonesia: Masih Ok Buat Didalami?

Halo sobat pembangunan, perkenalkan saya Hezby. Pekerjaan saya sekarang kuli koding di salah satu start up SAAS. Salam kenal.

Saya sudah berkecimpung di dunia Ruby selama sekitar 4-5 tahun. Buat saya Ruby adalah bahasa yang syntax nya lebih manusiawi dan lebih mudah untuk dipelajari dibandingkan bahasa pemrograman yang saya pelajari lain nya (C, C++, Java, PHP, Golang, dll).

Tapi konon katanya trade off dari syntax nya yang indah itu adalah performance nya yang lambat. Selain itu juga makin kesini, trend teknologi kita mengarah ke microservices sehingga menyebabkan banyak company yang lebih memilih menggunakan Golang yang lebih efisien.

Pun pengalaman saya sendiri sepertinya 2 tahun terakhir opportunity buat Ruby Developer sepertinya tidak sebanyak tahun-tahun sebelum nya. Pun begitu juga dengan talent pool experienced Ruby developer sepertinya juga semakin kesini semakin susah buat dicari. Bahkan ada kandidat yang baru punya pengalaman 2-3 tahun koding Ruby sudah melamar sebagai senior.

Jadi, masih ok kah mendalami Ruby?

Belum ketemu yang seenak nulis code ruby tapi dengan abstraksi & struktur OOP yang masih bagus juga, serta selengkap batteries includes kayak Rails, masalah performance juga bukan big issue lah bisa di solve dan scale perlahan" di level arsitektur (pakai cache service, scheduled job, cdn, etc). saya pribadi juga lagi bootsrap product web base SaaS pakai Rails aja, kerjainya cuma di waktu luang, solo lagi, gk kebayang kalau saya bangun sendiri pakai bahasa / web framework yang lain yang saya tidak familiar tapi lagi ngetrend, apalagi kalau cuma sekedar ikutan pakai arsitektur microservices + SPA :frowning:

Teknologi sebagaimana hal" lain pasti ada naik turun pamor, bagi saya yang penting itu bisa dipakai untuk menyelesaikan masalah dan membantu saya, serta terus dikembangkan.

Kalau lowongan ruby on Rails sendiri, masih banyak kan kayak di GitHub, GitLab, Shopify, AirBnb, Cookpad,dan… Vidio.com? :smiley: cukup banyak bila dibanding lowongan Haskel, atau .Net saya rasa.

1 Likes

Makanya lihat ke lowongan kerja remote dong. Gumroad, GitLab, pakai Ruby on Rails.

Forum Pembangun ini juga teknologinya Ruby on Rails. Mungkin suatu hari forum ini bakal buka lowongan pekerjaan Ruby on Rails. :wink:

3 Likes

Artinya pembangun.net sudah sukses :smiley: