Simon Høiberg Menjual E-book tentang JavaScript dan Mendapatkan $2.000 (Rp 28 Juta) Per Bulan

Kisah Simon Høiberg membangun bisnis SaaS yang sukses sudah dibahas di sini. Tapi tahukah Anda, dia juga adalah seorang Youtuber dan penulis buku-el (e-book) pemrograman?

Simon Høiberg membeberkan rahasia menjual buku-el (e-book) yang sukses. Buku ini mendapat profit $7.500 (Rp 105 juta) dalam 7 hari sejak peluncuran. Setelah itu, buku ini menghasilkan $2.000 (Rp 28 juta) setiap bulan:

Bukunya berjudul JavaScript in the Industry:

Dalam video itu, dia fokus terhadap distribusi. Malah dia tidak membahas terlalu banyak tentang bagaimana menulis buku-el. Dia cuma bilang pilih topik di mana Anda sudah sangat familiar. Jadi Anda bisa menulis buku itu dengan gampang. Jangan menulis buku-el untuk belajar pemrograman.

Nah, dia menulis buku-el yang gratis untuk dibagikan tapi Anda harus memberikan surel Anda sehingga dia punya saluran pemasaran. Terus dia membuat landing page untuk situs penjualan buku-el ini. Kemudian dia bekerja sama dengan influencer di topik buku ini. Lalu dia menggunakan iklan di media sosial. Tidak lupa, dia memberikan diskon bagi pembeli awal.

Pengeluaran dia cuma $531 (Rp 7,5 juta), berupa desain sampul buku, proofreading, biaya promosi.

Jadi jika Anda ingin menjadi penulis buku-el indie (menerbitkan buku tanpa penerbit resmi), Anda mesti memikirkan distribusi.