Studi Kasus Typing Hero: Aplikasi Pengekspansi Teks

Salah satu pembangun, @sen, membuat aplikasi Android Typing Hero. Ia berguna untuk mengekspansi teks. Misalnya, ketik “ha”, teksnya langsung berubah menjadi, “Seperti biasa, jangan lupa menutup lampu kamar sebelum keluar ya, Nak.”

Berikut situsnya:

https://typinghero.app/

Aplikasi buatan @sen pernah mengalami penurunan rating aplikasi di Play Store karena dia memutuskan untuk menambahkan fitur berbayar. Hal itu membuat sebagian pengguna tidak senang karena mereka sudah terbiasa dengan aplikasi gratis 100%.

Nah, aplikasi ini cuma ada di Android. @sen tidak berniat untuk membuat aplikasi ini di platform iOS. Seandainya ada yang berminat membuat di platform lain, mungkin bisa dipertimbangkan. Platform lain itu bukan cuma platform iOS, tapi bisa juga platform desktop atau web (dengan pengaya perambah / browser extension).

Berikut kompetitornya:

Oh ya, @sen pernah bercerita kalau kalian mau bikin aplikasi serupa di platform iOS, kalian harus bikin papan tuts (keyboard) khusus. Jadi ini lumayan low level.

Aplikasi Typing Hero ini menarik karena sasarannya global (bukan cuma Indonesia) dan berbentuk peranti lunak 100% (pure software).

3 Likes

Terima kasih untuk mention-nya, @arjunaskykok.

Kalau ada yang mau tanya-tanya, gue terbuka untuk sharing-sharing.