WarungPay: Payment Gateway Aggregator, Aggregator di Aggregatorin?

Nah kemarin saya nemu masalah client saya yang unik. Dia adalah website untuk infak, InfakOnline.id kalau mau ngecek. Siapa tahu mau ikutan infak, hehe. Salah satu issue utamanya dia saat ini adalah belum mendukung pembayaran via kartu kredit/debit.

Saat ini kalau kalian mau coba donasi, pasti kalian akan diarahkan kalau ngga ke Xendit, nanti akan ke Midtrans. Kebetulan memang pakai 2 payment gateway ini. Alasannya Gopay dan beberapa VA cuman ada di Midtrans, sedangkan OVO-LinkAja-Dana ada di Xendit. Mau ga mau ya wajib pakai keduanya. Nah masalah mulai muncul ketika harus menerima transaksi dari pembayaran kartu debit/kredit. Kedua payment gateway di atas menerapkan skema biaya 2.5-2.9% + 2.500-2.900. Sebenernya persennya di depan itu ga masalah, yang jadi masalah adalah nilai flat rupiah di belakang. Bayangkan kalau cuman donasi 5rb, udah kepotong 2rb sendiri. Kalau donasi 1rb, minus/tombok deh.

Nah ternyata ada payment gateway yang skema kartu kreditnya hanya persen, ga ada rupiah-rupiahnya di belakang. Dia cuman nerapin 2.5% aja, ga ada 2rb untuk tiap transaksi. Namanya Cashlez, nah saya jadi langsung kepikiran implementasi ini. Namun lagi-lagi ada masalah, untuk transaksi nilai kecil, percentage ini menarik, saya ada provider lain yang bisa kasih 1.65%-2.3%, tapi ada flatnya di belakang kisaran 1.500-1.650 rupiah. Nah akhirnya aku bikin tabel kayak gini

Btw harga di atas saya dapet dari webnya langsung ya, jadi ga nyalahin NDA, hehehe. Tapi gatau kalau sekarang udah update, untuk benchmark aku cek dari FAQnya Kitabisa.com, bisa kamu cek di https://kitabisa.zendesk.com/hc/en-us/articles/360003659814-Apakah-Kitabisa-com-Mengenakan-Biaya-Administrasi-atau-Biaya-Operasional- bagian Payment Processing Fee

Nah dari tabel ini saya jadi kepikiran, gimana kalau bikin rule ya, misal nilai transaksi di bawah 175rb pake cashlez, kalau di atas 175rb ya pakai prismalink dkk. Dari sini akhirnya saya kepikiran bikin WarungPay, sebuah platform untuk Aggregatorin Aggregator. Jadi bisa untuk ngatur routing paymentnya mau pake apa dengan beberapa aturan khusus.

Nah saya jadi kepikiran juga untuk bikin redudancy/fallback, misal sebuah channel pembayaran VA Bank tertentu gitu, kita bisa bikin kayak tier 1 untuk utama, tier 2 untuk backup, misal si provider tier 1 ini down, provider tier 2 bisa backup. Karena kalian tahu sendiri, kalau sampai pembayaran bermasalah, customer bakal komplen ga abis2, jumlah transaksi juga bakal drop.

Ternyata eh ternyata, di luar negeri sana, udah ada yang bikin mirip. Namanya Inai, saya dapet ketika lihat2 di producthunt, mirip banget sama yang saya butuhin. Tapi ya sayangnya, hanya support payment gateway luar negeri kayak Stripe, Adyen, dan Paypal. Tapi dari sini, saya dapet inspirasi baru juga. Kalau dia konsepnya itu pengen jadi kayak Segment, tapi khusus untuk payment. Jadi cukup single API aja untuk integrasi dengan berbagai payment gateway. Terus bisa integrasi dengan aplikasi macem-macem, misal akuntansi, monitoring, fraud detection, dkk. Saya jadi kepikiran fitur apa kedepannya yang bisa dimonetize untuk WarungPay nantinya. Btw saya partner dari Xendit, Midtrans, Cashlez, dan PrismaLink hehe. Jadi kalau butuh integrasi atau biar dapet best price, hub saya aja ya, hehe.

Sebenernya saya kepikiran fitur-fitur di xendit kayak callback management, retry policy, log management bisa diterapin juga. Jadi yang callback dan retry policy management nya belum ada kayak midtrans, bisa dilewatin WarungPay dulu, dan boom! Kamu bisa dapet fitur-fitur advance kayak Xendit. Termasuk mungkin payment link, recurring, donation link dkk.

Nah menurut kalian, butuh fitur apa lagi ya, yang pastinya kalian mau bayar, hehe?

3 Likes

Ide bagus mas. Kayanya menarik dan bakal banyak yg pake ini.

Agregatorin agregator? Menarik pak, bs jadi pilihan untuk yg ga mau ribet sy lg implementasi 2 SWI di salah satu BPD di indo memang ribet utk integrasi dan manage 2 SWI berbeda.,kl ada agrehagatornya lg akan lebih simple

wow ini bisa jadi solusi menarik loh masbro… thank anyway sudah sharing :slight_smile: