Bisnis Situs Lowongan Pekerjaan

Lokapasar (marketplace) adalah salah satu bisnis yang paling susah dibangun karena bisnis ini kena kutukan ayam dan telur. Misalnya pasar e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak. Pembeli cuma mau datang kalau penjualnya banyak. Tapi penjualnya cuma mau datang kalau pembelinya banyak. Lingkaran setan.

Tapi ada jenis bisnis lokapasar yang masih bisa dibangun dengan tidak terlalu sulit yaitu situs lowongan pekerjaan. Misalnya RemoteOK, situs lowongan pekerjaan jarak jauh (remote).

Baru-baru ini saya lihat seseorang yang punya buletin (newsletter) memutuskan untuk membangun situs lowongan pekerjaan. Jadi sebelumnya dia menulis buletin tentang produk digital (Product Manager).

Sepertinya hambatan masuk untuk bikin situs lowongan pekerjaan itu lebih rendah daripada bisnis lokapasar e-commerce.

Contoh: saya bikin situs lowongan pekerjaan paruh waktu jarak jauh, PartimeCareers.

Saya tahu ada sebagian orang yang menolak mengerjakan produk bank di Jakarta karena faktor riba. Ini adalah peluang menarik. Kalian bisa bikin situs lowongan pekerjaan finansial syariah misalnya. Kalian kumpulkan orang dengan membuat twit di Twitter dan menulis artikel di buletin. Kalian membahas tentang finansial syariah. Setelah orangnya cukup banyak terkumpul, barulah bikin situs lowongan pekerjaan finansial syariah.

Apa lagi selain situs lowongan pekerjaan paruh waktu dan situs lowongan pekerjaan finansial syariah? Ide lain yang cukup bagus adalah situs lowongan pekerjaan fashion, situs lowongan pekerjaan UX, situs lowongan pekerjaan Svelte. Ambil pasar vertikal.

Contoh pasar vertikal: situs lowongan pekerjaan untuk Vue.js untuk teknologi Vue.js. Dari yang saya lihat, Flutter masih belum ada situs lowongan pekerjaan yang populer.

Ada yang tertarik bikin situs lowongan pekerjaan?

Udah banyak sih, mas.
Mau bikin gampang banget tinggal main posting di website terus redirect ke URL.
Tapi bisa jadi bisnis yg bagus kalau websitenya punya popularitas dan exposure tinggi, bisa dimonetisasi untuk posting job disitu.

Ngomongin remoteOK, ada yang menarik dari tweetnya si Pieter Levels tentang remoteOK, dia cuma pake satu file index.php buat ngebangun remoteOK dan bisa dapat 100K usd per bulan

1 Likes

Iya, kadang kita sebagai pemrogram terlalu fokus terhadap aspek teknologi dan lupa masih banyak aspek yang mesti diurus seperti pemasaran, bisnis, dll.

Pemrogram lebih suka ngoprek ketimbang membangun bisnis.

1 Likes

iya… ini bener… manusia juga pas jaman batu pada enterpreneur semua… hahaha

baru masuk jaman perbudakan itu baru hancur society nya… mulai muncul masalah social… haha