Cara Youtuber Mendapatkan Penghasilan / Model Bisnis Youtuber

Bagi kalian yang mau menjadi Youtuber pemrograman, berikut model bisnis yang bisa dipakai.

Iklan

Kalian bisa mendapatkan uang dari iklan di video kalian di Youtube. Mungkin ini adalah metode paling populer untuk mendapatkan penghasilan sebagai Youtuber.

Pemasaran Afiliasi

Di deksripsi video, kalian bisa menaruh tautan ke produk orang. Misalnya Anda menaruh tautan hosting situs. Jadi semakin banyak orang yang daftar hosting lewat video Anda, semakin besar penghasilan yang Anda dapatkan dari partner kalian.

Sponsor

Di video kalian, kalian bisa mempromosikan produk orang. Misalnya kalian bilang di video pemrograman PHP, bahwa untuk menjadi pemrogram PHP yang handal, orang bisa daftar di bootcamp X di Jakarta.

Donasi

Kalian bisa mengandalkan fans setia kalian untuk menghidupi kalian. Jadi mereka memberi uang ke kalian setiap bulan secara rutin.

Komunitas Eksklusif

Bahasa Inggrisnya paid community. Youtube mendukung fitur ini. Orang bayar Rp 30 ribu per bulan misalnya untuk masuk komunitas Anda. Apa yang mereka dapatkan dari komunitas itu tergantung kalian. Mungkin kalian memberi video eksklusif, mungkin kalian memberi ceramah motivasi.

Berjualan Produk

Kalian bisa menggunakan video-video kalian di Youtube sebagai pemasaran produk kalian. Kalian mungkin jualan buku-el pemrograman. Jadi kalian menaruh tautan buku-el itu di deskripsi video kalian.

Ada yang lain?

2 Likes