Daftar Pekerjaan Lepas (Freelance) untuk Menopang Hidup sambil Membangun Bisnis Swakarya (Bootstrap)

Kalau Anda bekerja penuh waktu, Anda punya modal untuk membangun bisnis tapi waktu Anda menjadi sedikit. Ada sih orang yang bisa membangun bisnis sambil bekerja penuh waktu. Anda juga bisa bekerja paruh waktu. Saya membuat situsnya, ParttimeCareers, untuk membantu Anda mencari pekerjaan paruh-waktu. Tapi sayangnya pekerjaan jenis ini masih jarang.

Nah, alternatifnya, Anda bisa bekerja lepas (freelance) paruh waktu sambil membangun bisnis swakarya. Philip Young bekerja lepas sebelum membangun Session penuh waktu.

Jadi strateginya Anda bekerja lepas beberapa jam dalam sehari supaya Anda tidak mati kelaparan. Sisa waktunya Anda bisa pakai untuk membangun bisnis swakarya (bootstrap).

Inilah pengertian bootstrap dalam arti sebenarnya. Anda berdiri sendiri dengan kaki Anda. Anda menopang bisnis Anda dengan keringat Anda sendiri.

Berikut daftar pekerjaan lepas yang Anda bisa lakukan:

  • Rev, menjadi penyulih / pembuat teks (bayaran $0.30 -$1.10 untuk 1 menit video/audio)
  • Upwork, pemrograman
  • Fiverr, desain / pemasaran
  • Menulis artikel teknis di berbagai tempat, seperti CSS Tricks, CircleCI, Vonage, dll (bayaran $100 - $500 per artikel)
  • Main video game Axie Infinity

Nah, saya bakal menginvestigasi Axie Infinity secara mendalam di bawah bendera SailorCoin. Banyak orang Filipina yang mencari duit dengan bermain Axie Infinity. Teman saya bermain Axie Infinity casual selama beberapa minggu dan dia mendapat keuntungan Rp 30 juta lebih.

Saya paling suka menulis artikel teknis karena saya memang selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan pemrograman saya. Terus menulis adalah terapi jiwa bagi saya. Contoh artikel yang sudah saya tulis: Destructuring Declarations in Kotlin, Build Social Media Style Stories with Android and Python, dll.

Saya tidak pernah bekerja lepas di platform Fiverr, Rev, Upwork.

Nanti saya perbaharui utas ini secara berkala.

1 Likes