Ide Bisnis Online (Daring): Video Game Berbasis Play-to-Earn

Jadi ada kategori video game (permainan video) yang baru, yaitu video game berbasis blockchain atau kripto. Nah, menggunakan teknologi blockchain, video game bisa menawarkan penghasilan kepada pemain video game-nya. Konsep ini dikenal dengan konsep play-to-earn:

Jadi Anda bisa mendapatkan penghasilan dari bermain video game tergantung waktu dan usaha yang Anda taruh.

Saya bermain video game Gods Unchained, yaitu video game berbasis kartu (seperti Hearthstone). Karena saya pernah main dan memegang NFT mereka, saya mendapat airdrop sebesar 768 token GODS:

Baru bisa diklaim setengahnya. Saat utas ini ditulis, 1 token GODS itu senilai:

Selection_023

Jadi Anda bisa mengira-ngira saya dapat berapa. Nah, selain itu, Gods Unchained juga menyediakan token GODS secara rutin bagi pemain:

Tapi bukan cuma Gods Unchained yang menyediakan imbalan bagi pemain video game. Ada banyak video game berbasis blockchain dengan model play-to-earn.

Ide Bisnis

Nah, ide bisnis online (daring) untuk Anda adalah Anda mengupas tren video game berbasis blockchain ini.

Misalnya Playtoearn Online Magazine:

Anda bisa kupas apakah video game ini berbasis Ethereum, Solana atau Binance Smart Chain. Terus bagaimana konsep permainannya. Berapa modal yang dibutuhkan untuk bermain video game ini. Kadang ada video game yang mensyaratkan Anda membeli NFT mereka. Misalnya Axie Infinity yang mensyaratkan Anda membeli 3 karakter NFT sebelum bermain. Tapi ada juga video game yang memberi kebebasan bagi pemain video game-nya. Membeli NFT itu tidak harus.

Karena video game itu sangat visual, mungkin ada baiknya Anda punya akun di media sosial video seperti Instagram Reels, TikTok atau Youtube. Jadi orang bisa melihat video game-nya seperti apa.

Selain membuat situs yang mengulas video game ini, Anda bisa menjadi streamer di Twitch.

Anda juga bisa bermain video game dan mendapatkan token tentu saja!

Anda juga bisa mengulas satu video game saja seperti akun Youtube ini yang cuma mengulas Axie Infinity:

Model Bisnis

Anda bisa cari uang dari iklan, pemasaran afiliasi, langganan (konten premium).

Orang bermain video game butuh apa? Keyboard, mouse, atau ponsel. Anda bisa bekerja sama dengan toko komputer sehingga mereka bisa memasarkan produk mereka di lapak Anda.

Pemain video game kalau sudah mendapatkan token mungkin mau menjualnya. Jadi Anda juga bisa bekerja sama dengan perusahaan penukaran aset kripto seperti Indodax, Tokocrypto, Pintu.

Selain itu Anda bisa membuat guild, semacam kumpulan pemain video game profesional, atau tim e-sport. Orang bisa berinvestasi ke Anda. Lalu penghasilan dari bermain video game ini bisa dibagikan dengan investor. Contohnya, Yield Guild Games:

Mereka sudah mendapatkan investasi dari a16z:

1 Likes