No Code, No Cry, Bukan Programmer Juga Bisa Membangun Produk

Biasanya kalau kita bahas produk digital yang terpikirkan oleh kita pasti yang buat orang yang bisa coding. Padahal diluar sana sedang gencar gencarnya tantangan membangun produk tanpa harus coding.

Lagian coding itu hanyalah salah satu layar dari banyak lapisan bisnis. Hal yang paling penting adalah bisnis maupun content yang ditawarkan.

Artinya ini adalah kabar baik, dimana siapapun bisa membuat bisnis berbasis internet. Kata kuncinya adalah bagaimana anda bisa memanfaatkan, menghubungkan tool tool yang ada diinternet menjadi satu layanan yang bisa membantu orang.

Bagaimana contoh contoh bisnis tanpa code itu?

  1. Sebagai kurator, Ada yang berpenghasilan ratusan juta hanya menjual kumoulan ide bisnis dengan hanya menggunakan google sheet semisal “500 Ide Bisnis Digital”
  2. Ada yang membangun blog newsletter tentang bisnis, lalu menambahkan halaman untuk posting info lowongan pekerjaan, mematok harga untuk setiap postingan lowongan pekerjaan.
  3. Ada yang membuat template template menarik seputar produktivitas, agenda, habit tracker dengan aplikasi notion atau google sheet.
  4. Ada juga menerima jasa pembuatan website dengan bermodalkan drag and drop menggunakan layanan seperti webflow atau bubble.
  5. Dll

Para pengguna linked yang budiman pastilah memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Kita bisa membangun swakarya berdasarkan profesi atau nice kita yang saat ini kita jalani.

1 Likes