Pilih Domain untuk Bisnis Online (Daring) dengan TLD yang Bagus Seperti .com

Apakah Anda sudah punya ide bisnis dan ingin mendaftar domain. Pilihlah domain dengan TLD .com, karena .com itu adalah TLD paling bergengsi. Misalnya nama bisnis Anda adalah jagoancariduit. Maka domain yang paling tepat adalah jagoancariduit.com. Jangan pilih jagoancariduit.club atau jagoancariduit.careers atau domain dengan TLD tidak lazim lainnya.

Bagaimana kalau TLD .com sudah tidak tersedia? Nah, kalau Anda punya banyak duit, Anda beli .com itu walaupun dengan harga mahal seperti Pieter Levels:

Dulu Remote OK domainnya remoteok.io, sekarang bisnis dia ini sudah punya domain .com, yaitu remoteok.com. Dia sampai harus membayar $102.000 (Rp 1,4 milyar) untuk domain .com ini.

Jika Anda tidak punya duit sebanyak Pieter Levels, maka Anda bisa pilih TLD lainnya yang lumayan bagus, seperti .co, .io:

Saya mau beli pembangun.com tapi sudah tidak tersedia, jadi saya beli pembangun.net dan saya pakai sampai sekarang. Saya juga beli pembangun.id dan pembangun.co untuk jaga-jaga.

Kalau kalian bikin produk untuk pasar Indonesia, TLD .id juga merupakan domain premium. Contoh: flip.id.

Paul Graham, investor, pendiri Y Combinator juga menulis artikel serupa tentang domain .com ini:

Selection_007

Sarannya lebih dramatis. Kalau domain dengan tld .com sudah tidak dapat, mending ganti nama bisnis saja.

Jadi kalau jagoancariduit.com sudah tidak tersedia, mungkin ganti nama bisnis Anda menjadi pintarcariduit.com yang saat saya menulis utas ini masih tersedia :wink::

Saya punya pengalaman yang mirip-mirip, blog saya dulunya beralamat di nama saya .net, karena .com nya sudah tidak tersedia, jadi saya memutuskan memakai .net.

Pernah dulu saya berpikir untuk membeli domain nama saya .com dari pemiliknya saat itu, tapi email saya tidak dibalas. Dan nomor telepon yang tertera pada WHOIS nya tidak aktif.

Jadi, saya mengambil pilihan seperti yang dikatakan oleh Paul Graham, saya ganti saja domain blog saya menjadi inisial nama .com dan untuknya masih tersedia.

Walau dari segi SEO, semua domain sama saja, tapi di negara yang internet early-adopter nya masih lumayan tinggi seperti di Indonesia, .com masihlah primadona. Bahkan, .com memang masih primadona hampir di seluruh belahan dunia.

1 Likes